Blog – Hantamo

Inilah, Pentingnya Landingpage Pakai DSA CDN Hantamo

Terbit 8 Februari 2021
Inilah, Pentingnya Pakai DSA CDN Hantamo

DSA CDN Hantamo? Dulu.. Katanya, cuma web besar dengan pengunjung global aja yang butuh CDN, tapi sekarang untuk alasan kecepatan, keamanan dan uptime… Landingpage pun, entah itu pengunjungnya cuma dari satu negara aja kebanyakan (misalnya Indonesia aja), kami sarankan pakai, DSA CDN Hantamo. Mengapa?

DSA CDN Hantamo, dari Segi Network

Untuk pengunjung Indonesia, misalnya Anda membandingkan DSA CDN Hantamo vs VPS/hosting Indonesia, jelas perbedaannya adalah mereka networknya (kebanyakan) sifatnya “up-to” atau shared, sementara kami adalah dedicated (1:1), sehingga pasti lebih stabil pakai DSA CDN Hantamo, namun juga biayanya pasti jadi lebih mahal. Kami menyiasati ini dengan skema harga berdasarkan traffic. DSA CDN Hantamo ini performanya stabil namun biaya akan semakin mahal jika traffic website atau landingpage anda semakin tinggi, sementara VPS/Hosting biaya bulanan/tahunan akan tetap atau flat, namun performa akan turun jika traffic web/landingpage Anda semakin tinggi.

Namun jika anda membandingkan antara DSA CDN Hantamo vs Cloud/VPS luar negeri datacenter Singapore seperti Vultr, Digitalocean, Upcloud, jelas dari segi latency kami unggul untuk pengunjung Indonesia, rumusnya adalah makin dekat makin cepat (karena networkingnya udah sama sama bagus), lebih extremnya, untuk provider internetnnya si penggunjung website, terkadang sedikit ada miss/lag/error, untuk server dari Singapore.

DSA CDN Hantamo, dari Segi Hardware

Kami memiliki banyak titik server cdn, namun Indonesia dan Singapore merupakan titik server premium kami, karena “itu kandang kami”, jelas kami akan lebih konsentrasi kesana.

Untuk pengunjung Indonesia, tentu akan mengambil cache konten dari server kami di Indonesia, dan kami menggunakan hardware yang cukup kami menyebutnya dengan istilah “Super”. Kami pastinya tahu umumnya CDN (bagi provider lain) itu yang penting Networknya, dan hardware adalah optimasi di level milidetik (per requestnya), namun lagi-lagi karena ini titik premium kami, kami pastikan bahwa kami berupaya untuk selalu perfect, sampai pada milidetik.

membandingkan sisi (resource) hardware dengan VPS/Hosting jelas bukan tandingannya, karena mereka semua memiliki bilik-bilik resource (batasan), sementara kami berjalan pada resource yang dedicated, ditambah jenis hardware yang kami katakan “super” tadi. Jadi sudah jelas jika landingpage berada pada CDN kami, itu dari segi performa (kualitas) di sisi hardwarenya, sangat jauh mengungguli, dibandingkan yang cuma pakai VPS/Hosting baik dari provider Indonesia atau Global (Singapore)

Lalu bagaimana Uptime-nya?

Tanpa aplikasi frontend seperti DSA CDN Hantamo, atau bahasa mudahnya cuma pakai vps atau hosting saja, maka jika terjadi down pada vps/hosting, maka website akan down. Walaupun sekarang sistemnya sudah berbasis cloud, yaitu vps cloud dan cloud hosting, namun mereka tetap memiliki downtime, meskipun minimal, dan jika itu terjadi maka website akan down. itu Jelas.

Jika pakai aplikasi frontend seperti DSA CDN Hantamo, maka semua konten baik static dan dinamik (public), akan disimpan di server cdn kami, sehingga selama DSA CDN hidup, meskipun backend: vps atau hosting website sedang down, maka website tetap akan bisa diakses. Lalu pertanyaannya apakah DSA CDN ini selalu hidup? apa tidak bisa down?

Jadi.. Kami memberikan jaminan uptime 100% karena server cdn kami itu sangat susah untuk dikatakan down, karena skema down pada server kami adalah jika seluruh server cdn kami (sekarang, februari 2021 kami memiliki 5 buah server, multiple location dan networking) itu DOWN BERSAMAAN. (karena kami memiliki sistem fast failover, sehingga sebuah server cdn yang down akan otomatis digantikan server cdn lainnya ketika dideteksi down). Anda bisa lihat status uptime dari masing masing server cdn kami disini, jika dalam waktu yang bersamaan kelima server cdn kami down, itu baru bisa disebut cdn down. Bagaimana, hampir tidak mungkin bukan?

Dari Segi Keamanan

Karena konteksnya adalah landingpage, biasa menggunakan wordpress+elementor, maka cdn kami sudah ada proteksi dari dos, dan brute-force wp-login. Ini kalian bisa cari tahu lebih dalam via artikel ini: Mengamankan Website dari DOS dan Bruteforce Attack

Dari Segi Harga

Harga DSA CDN kami adalah berdasarkan traffic, sementara kalau kalian pakai vps/hosting, itu flat bulanan atau tahunannya. Skema harga seperti ini, logika mudahnya adalah karena DSA CDN Hantamo menyajikan performa yang stabil cepat meskipun trafficnya tinggi, hanya saja nanti biaya nya akan semakin tinggi juga sesuai tingginya traffic web Anda. Sementara Biaya Flat pada vps/hosting itu logikanya adalah membayar biaya yang flat/tetap untuk resource server vps/hosting yang tetap, sehingga jika traffic semakin tinggi maka performa website akan menurun.

Jadi jika menginginkan performa yang selalu prima meskipun traffic benar-benar super tinggi, maka Anda harus menggunakan DSA CDN Hantamo dari pada hanya menggunakan vps/hosting saja.

Sebetulnya jika ingin meng-kalkulasi biaya, itu cukup mudah. Biaya adalah Rp.3/mb traffic. Bayangkan jika Anda memiliki landing page dengan total konten local dimuat 2MB (misalnya), maka biaya tiap kali kunjungan ke landingpagemu hanya sebesar Rp.6. Bandingkan biaya Rp.6 ini dengan biaya iklan (paid traffic) ke landingpagemu. Mungkin harga perklik untuk mendatangkan calon pembeli adalah ratusan atau ribuan rupiah per klik, Jadi Rp.6 ini adalah sebuah penambahan yang tidak signifikan, untuk mendapatkan landing page performa tinggi di sisi server.

Jika Ada pertanyaan, atau ingin tahu perkiraan biaya cdn untuk landingpagemu nanti, bisa hubungi kami.

Atau jika Anda ingin memastikan performa DSA CDN Hantamo, coba lihat review kecepatan web hantamo.com, mungkin bisa mewakili, disamping pastinya Anda sekarang pasti merasakan bahwa artikel ini atau website ini sangat cepat dimuat. Itu karena web hantamo.com (tentunya) juga memakai DSA CDN Hantamo milik kami.