Dokumentasi – Hantamo

menu
Layanan     Dokumentasi     Hubungi

DSA CDN

Update

26 Agustus 2020.
– Menggunakan network yang lebih handal (ID-Node), equinix datacenter
– Penyesuaian harga, sekarang berdasarkan per MB traffic, per request, dan per setup domain/subdomain, batasan minimum per akun, jadi lebih hemat biaya.

31 Juli 2020.
– Advance Purge Cache via Purge Tool. Pengganti Plugin WordPress Purge Hantamo Cache.
– Support http/https backend.
– Tambahan datacenter: US (San Jose)
– Meningkatkan Uptime dengan failover ke node CDN terdekat
– Distribute DoS Attack Protection yang lebih baik

22 Juni 2020.
– Convert gambar ke versi .webp dengan fallback ke format asli jika browser tidak mendukung.
– Plugin WordPress untuk Purge/Clear Cache.

Tentang

DSA CDN, atau Dynamic Site Acceleration Content Delivery Network adalah  server frontend berjumlah banyak (di banyak lokasi berbeda), tempat menyimpan cache konten dari backend (dalam hal ini server/hosting website), sehingga dengan TTL rules, routing  rules (ke server dengan latency terendah dari user) dan spesifikasinya sebagai server frontend, akan mempercepat delivery konten ke user (mempercepat load time website), dan meringankan beban kerja dari backend.

Keunggulan dibanding CDN Tradisional

DATACENTER. Kebanyakan provider CDN, memiliki datacenter global tersebar, namun tidak dengan datacenter Indonesia (biasanya terdekat di Singapore, untuk pengunjung Indonesia). Kami juga memiliki datacenter di Indonesia dan tentunya juga di Singapore, sehingga latency lebih rendah (untuk pengunjung Indonesia). yang artinya website akan semakin cepat diakses.

ROUTING. Kebanyakan provider CDN menggunakan GEO-routing, artinya jika CDN memiliki 2 datacenter, Singapore dan Indonesia (Jakarta) maka pengunjung dari Aceh (Indonesia) akan di route ke datacenter Jakarta, padahal latency ke Singapore (dari Aceh) mungkin lebih rendah. Kami routing berbasis latency-performance, jadi user akan dipilihkan oleh traffic routing kami untuk ke datacenter dengan server sehat dengan latency terendah.

KONTEN DINAMIS. Seperti nama layanan ini, kami juga menyimpan cache dari konten dinamis (html). Konten ini berubah-ubah sehingga kebanyakan provider CDN, karena alasan kemudahan, hanya menyimpan konten statis saja (.jpg, .css, .js, dll). Tanpa caching konten dinamis maka website akan memungkinkan down walaupun server CDN sedang sehat, karena backend sedang down, dan kurang sempurna di kecepatan websitenya karena memiliki time-to-first-byte (TTFB) yang tinggi, ini terjadi pada CDN Proxy seperti cloudflare, atau akan menambah waktu DNS lookup jika menggunakan subdomain pada saat memuat konten statis saja.

PURGE RULES. Dengan menyertakan konten dinamis, maka aturan untuk refresh cache harus akurat. Kami telah berpengalaman dalam hal ini, namun Anda tetap bisa melakukan purge manual melalui Purge Tool dari kami.

SUPPORT WEBP (FALLBACK).  Server CDN memiliki kecerdasan untuk menampilkan versi .webp (untuk browser yang support format gambar .webp) dari setiap file .jpg / .png / .jpeg yang dimuat, gratis tanpa tambahan biaya. Ini merupakan cara paling tepat dan ekonomis, dibandingkan dengan provider CDN lain seperti Cloudflare dengan Polish nya ($20/bulan) atau BunnyCDN dengan image optimizernya ($9.5/bulan)

PROTEKSI TINGKAT TINGGI DARI DDOS ATTACK.  Server CDN dibuat tangguh dalam melindungi backend server dari serangan ddos (distribute attack), dengan memecah konsentrasi dan membatasi serangan, dengan minimum false-positif, sehingga pengunjung akan tetap nyaman mengakses website Anda.

BERKOLABORASI DENGAN PROVIDER CDN LAIN.  Misalnya untuk website Berita atau Blog dengan Traffic tinggi yang ingin mengefisiensi biaya dengan menggunakan CDN Tradisional (statik)  yang lebih hemat biaya per GB-nya misalnya pada statik konten saja, dan tetap menggunakan Hantamo DSA CDN untuk konten dinamis. Performa akan sedikit turun namun biaya bisa ditekan.

Persyaratan

Website versi non-www seperti domainku.com, tokoku.com tidak bisa menggunakan DSA CDN, karena Anda perlu menggunakan CNAME record. Contoh yang diperbolehkan adalah seperti www.domainku.com, m.domainku.com, dan nama lainnya dengan subdomain. Lihat website versi www atau non-www, mana yang terbaik?

Nonaktifkan aplikasi keamanan di backend, karena IP DSA CDN akan menjadi satu-satunya yang mengakses backend Websitemu. Beberapa aplikasi kemanan akan mencurigai ini sebagai ancaman. Jangan khawatir, kemanan tingkat tinggi seperti DDOS Attack, Bruteforce Attack, sudah ada pada server DSA CDN kami.

Menggunakan nameserver kami yaitu ns1.hantamo.com, ns2.hantamo.com, ns3.hantamo.com, ns4.hantamo.com, atau Anda bisa menggunakan nameserver brand Anda seperti ns1.websitemu.com, ns2…., dst., dengan tambahan biaya 50rb/bulan atau 500rb/tahun.

(optional) Nonaktifkan plugin redirect 404 ke homepage/lainnya jika ingi menggunakan fitur convert image ke .webp. Response 404 kami gunakan untuk fallback .webp image ke format gambar asli.

Biaya

Satu akun, bisa untuk banyak domain atau subdomain, dengan rincian biaya sebagai berikut:

  1. Biaya Bulanan (minimal Rp.100rb/bulan, per akun untuk keseluruhan domain dan subdomainnya). Rp.3,- per MB Traffic ditambah Rp.1,- per seribu request, dibayarkan setiap bulan. Tagihan muncul setiap bulan antara tanggal 1-3 dan biaya selambat-lambatnya dibayarkan pada tanggal 5, untuk terus berlangganan.
  2. Biaya Setup. Rp.100.000,- per domain dan Rp.50.000,- per subdomain, hanya dibayarkan 1 kali diawal.

Deposit

Anda bisa melakukan deposit saldo kemudian kami akan langsung memotong saldo setiap bulannya sesuai penggunaan. Dapatkan EXTRA SALDO +20% untuk deposit minimal Rp.1.000.000,- dan EXTRA SALDO +40% untuk deposit minimal Rp.5.000.000,-

Pertanyaan

Pertanyaan lebih lanjut dan negosiasi harga untuk traffic yang sangat besar, silakan hubungi kami disini