Terbit pada 22-11-20

Review Hantamo.com, Seberapa Cepat Websitenya?

Review Hantamo.com? Ya.. kami akan mereview website kami sendiri, karena ingin membantu para web speed mania dalam menentukan ke provider mana mereka seharusnya. Hantamo, atau lainnya. Kami tidak mereview dengan testimoni (yang mungkin bisa dibuat-buat), namun dengan bukti yang ditunjukkan oleh berbagai jenis web speed testing tool. Kalian juga bisa mengecek sendiri kemudian membandingkan dengan para kompetitor kami.

Review Hantamo.com, Gimana Hasil Speed Testing Tool?

Kami pakai yang populer digunakan, PageSpeed Insight, GTmetrix, WebPageTest dan tambahan kami uji pakai Lighthouse (web.dev), karena kami juga jasa optimasi Lighthouse. Silakan nanti kalian bisa cek di testing tool lain yang kalian suka. Semuanya sama saja kok, beda-beda dikit itu nggak masalah. Jangan lupa juga cek website saat diakses pakai browsermu sendiri, pakai mobile devicemu sendiri, itu yang paling nyata sebetulnya, per-lokasimu sendiri.

Pengujian dilakukan pada saat postingan ini terbit, 22 November 2020 (update: 8 Oktober 2021). Hasil setiap pengujian mungkin berubah-ubah ya.. apalagi menyangkut load time, pasti ada naik turunnya. Dari hasil dibawah, versi GTmetrix LCP 103ms (se-per-se-pu-luh detik bro), WebPageTest (connection: LTE, lokasi: Indonesia) LCP 0.546 detik (speed index 0.6 detik). PageSpeed Score dan Lighthouse, semuanya 100/100.

review hantamo.com pengujian gtmetrix
review hantamo.com pengujian webpagetest full

review hantamo.com pengujian webpagetest

review hantamo.com pengujian Lighthouse web.dev

review hantamo.com pengujian PageSpeed Insight

review hantamo.com pengujian metrix PageSpeed

Link Pengujian Pagespeed

Link Pengujian Lighthouse

Link GTmetrix bisa expired, jadi uji sendiri lagi, masukin https://www.hantamo.com saat pengujian, dari lokasi pengujian mana saja tetap cepat.

Link WebPageTest (update 28 September 2021) bisa expired, jadi uji sendiri lagi, masukin https://www.hantamo.com saat pengujian, pilih lokasi Indonesia, dengan koneksi LTE (sesuai diatas)

Amati metrix seperti FCP, LCP nya.. web lain mungkin score nya sama-sama 100, namun hantamo.com tetap tercepat, LCP PageSpeed Insight : 1.1 detik (Speed Index 0.9)

Hantamo.com Menggunakan Apa?

Website hantamo.com ini tentunya menggunakan DSA CDN , kemudian backend nya menggunakan Cloud VPS. Kami menggunakan CDN dan VPS Server yang merupakan layanan yang juga kami jual, ini artinya kami yakin kalau layanan kami tersebut powerful, dapat diandalkan. Kalian bisa cek beberapa hosting provider justru tidak memakai servernya sendiri (entah kenapa?), atau mereka pakai CDN seperti Cloudflare (artinya hostingnya butuh disempurnakan sama cloudflare nih). Logikanya begini, jika MISALNYA ANDAIKATA Provider Cloud Server seperti digitalocean gitu pakai Cloudflare padahal dia jual cloud server, itu nggak masalah karena digitalocean customernya global, jadi mereka butuh CDN dong, dan dia kebetulan pilih cloudflare sebagai CDN nya. Nah ini Jualan hosting datacenter Indonesia ke customer lokal Indonesia saja, tapi kok pakai Cloudflare.. hmm, silakan disimpulkan sendiri... peace.. hehe.

Website hantamo.com saat ini menggunakan / dibangun pakai WordPress (CMS, seharusnya lemot), namun setelah dioptimasi, ngebut juga. Ini sebagai bukti / super-portfolio bahwa web hantamo.com ini super cepat, mengingat bahwa per tanggal 20 September 2021 kami berkeputusan untuk sama sekali tidak menampilakan portfolio project-project kami karena alasan: portfolio disadur pihak lain, privasi customer, dan kami juga memiliki reseller-reseller, sehingga biar mereka saja yang promosi, dan HANTAMO cukup sebagai AKAR dari pohon "Optimasi Kecepatan Website", yang tidak terlihat namun sangat-sangat Vital.

Akhir dari Review Hantamo.com ini..

Telah kami jelaskan seberapa super cepatnya website hantamo.com. Kalau masih ada yang perlu ditanyakan silakan hubungi kami saja, kami jelasin lebih detail.

Salam.

close menu