Dokumentasi – Hantamo

menu
Layanan     Dokumentasi     Hubungi

Purge Tool

Tentang Purge Tool

Purge Tool adalah alat untuk membersihkan cache pada DSA CDN atau Proxy Caching Hantamo

Membersihkan Cache

Jika Anda telah memperbarui website Anda (pastikan cache di level backend, misalnya Worpdress Caching sudah di clear/purge/refresh) yang menggunakan DSA CDN atau Proxy Caching, maka halaman website (konten dinamis) tidak akan langsung terupdate seketika, berikut beberapa skema agar  halaman website Anda update:

  1. Otomatis (oleh pengunjung). Ketika konten dinamis backend update/fresh, maka pengunjung yang mengakses halaman itu pertama kali setelah konten update akan melihat konten masih belum update sekaligus akan refresh cache DSA CDN / Proxy Caching, sehingga pengunjung setelah pengunjung pertama akan melihat konten sudah update.
  2. Manual. Seperti sudah dijelaskan diatas, maka kita sendiri bisa dengan sengaja merefresh cache suatu halaman tertentu, yaitu dengan cara mengakses halaman tersebut 1 kali melalui private browser (untuk memastikan bahwa kunjungan akan hit server dsa cdn / proxy caching), kemudia silahkan cek dengan melakukan kunjungan lagi ke halaman tersebut.. maka halaman akan terupdate (kesimpulannya kunjungi halaman 2 kali selang waktu 2 detik melalui private browser).
  3. Melalui Purge Tool. Akses halaman Purge Tool, kemudian masukkan CDN Node, Content Type, Domain, Purge Key, Path, kemudian klik Instant Purge

Menggunakan Purge Tool

Anda hanya perlu memasukkan CDN Node, Content Type, Domain, Purge Key, Path, kemudian klik Instant Purge. Berikut Penjelasannya:

CDN Node. Pilih lokasi server yang ingin di bersihkan cachenya. Untuk layanan DSA CDN Anda bisa memilih Lokasi mana saja yang akan di clear cache, namun untuk layanan Proxy Caching Anda hanya bisa clear cache dari proxy yang Anda gunakan (server Singapore atau Indonesia).

Content Type. Dynamic artinya konten html, atau halaman webiste Anda. Static artinya konten statis website Anda seperti file .css, .js, .png, .jpg, dan lainnya. Special artinya konten dengan routing spesial via DSA CDN / Proxy Caching, misalnya file .jpg atau .png yang di routing ke file .webp.

Domain. Hostname yang digunakan, tidak terbatas pada root domain saja, contoh www.domainsaya.com, m.domainsaya.com. domainsaya.com, dan lainnya.

Purge Key. Adalah kunci keamanan yang diberikan kepada Anda (oleh tim Hantamo) setelah setup DSA CDN / Proxy Caching selesai.

Path. Url yang akan di clear cache. Misalnya jika Anda akan clear cache semua url maka masukkan path:  /* atau per directory juga bisa, misalnya url pada directory blog, maka masukkan purge key: /blog/*

Mengapa Purge Tool Dibuat Rumit?

Kebanyakan Provider CDN memberikan 1 tombol sakti bernama “Purge All” untuk clear semua cache di CDN. Tombol sakti tersebut memang memudahkan user seperti Anda, namun akan menjadikan performa website menjadi drop seketika, secara global… karena semua cache dibersihkan sehingga pengunjung akan merasakan website melambat untuk semua jenis konten, untuk semua lokasi. Dengan Purge Tool Hantamo Anda bisa mengkhususkan pembersihan cache (misalnya untuk konten dynamic saja) sehingga performa web tidak anjlok seketika, sementara sebetulnya cache juga akan refresh otomatis (oleh pengunjung) seperti sudah dijelaskan diatas.

Purge Tool Response

Sukses Purge, artinya konten berhasil dibersihkan.

Not Found, artinya cache sudah fresh (tidak ditemukan cache tersimpan) atau Anda memasukkan data yang salah di kolom isian (misalnya salah nama domain atau salah purge key).

Forbidden, artinya Anda tidak punya akses untuk melakukan Purge Cache.

Response Lama / Timeout, artinya total cache yang dibersihkan banyak, dalam proses lama tersebut sebagian cache sudah dibersihkan, jadi silakan submit ulang request purge cache.

Response Header

Anda bisa melihat response header setiap konten misalnya dengan menekan F12 pada browser Mozilla Firefox, kemudian jika:

1. hantamo-cache: HIT-Dynamic atau HIT-Static, artinya cache tersimpan di DSA CDN / Proxy Caching, Anda akan merasakan konten cepat dimuat.

2. hantamo-cache: MISS, artinya cache tidak sedang tersimpan di DSA CDN / Proxy Caching, ini mungkin karena baru konten baru pertama kali diakses setelah setup cdn atau setelah membersihkan cache menggunakan purge tool, Akses konten akan sedikit lambat karena DSA CDN / Proxy Caching harus mengambil konten dahulu dari backend server (Web Server Anda).

Pertanyaan

Pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami disini