Blog – Hantamo

menuh
Layanan     Dokumentasi     Hubungi

Penyebab Ranking di Google Turun yang Tidak Pernah Diulas

Terbit 15 September 2020
Penyebab Ranking di Google Turun yang Tidak Pernah Diulas

Ranking di Google Turun. Hmm.. itu adalah musibah telak bagi sebuah website. Google pencarian adalah nyawa dari setiap website untuk terus menjalankan bisnis (online) nya. Ya.. kita memang masih bisa mengandalkan traffic berbayar (google ads, FB ads, dll), namun google search (organic) adalah faktor penentu untuk menjadikan bisnis online di website Anda PROFIT (karena ini adalah traffic gratis). Mari kita simak apasih penyebab ranking di google turun yang tidak pernah diulas oleh sumber lain.

Penyebab Mainstream Ranking di Google Turun

Anda bisa menemukan banyak penyebab yang mainstream diulas mengapa ranking website Anda turun, coba search kata kunci “penyebab ranking di google turun”, maka itu-itu aja isinya. Jika Anda merasa tidak memiliki masalah-masalah tersebut namun website Anda tetap turun ranking, maka silakan lanjut untuk membaca artikel ini, akan kami jelaskan penyebab yang mungkin hampir tidak pernah diulas atau dijelaskan dimanapun. hehehe.

Penyebab Ranking di Google Turun yang Tidak Pernah Diulas

Menggunakan jasa SEO, atau apapun yang bertujuan untuk mendongkrak ranking di google itu hampir percuma kalau ternyata website Anda memiliki masalah-masalah dibawah yang kami yakini akan menurunkan peringkat di google, berikut penjelasannya:

  1. Kecepatan Loading Website Lambat. Saya pribadi sangat yakin tentang hal ini, pada google analytic kalian bisa temukan metrik tentang kecepatan website, maka sedikit-banyak pasti google menggunakan ini dalam menyusun algoritma dalam me-ranking website di mesin pencarinya.
  2. Uptime dari Sudut Pandang Google yang Buruk. Tentu saja, jika kata kunci memunculkan website Anda, namun ternyata website Anda jika diklik calon pengunjung ternyata tidak bisa diakses, ini PASTI akan SANGAT-SANGAT mempengaruhi ranking di google.

Apakah mainstream juga yang kami jelaskan diatas? Tunggu… ini akan kami jelaskan, penyebab dari penyebab-penyebab diatas. hehe

Akar Penyebabnya Adalah..

Banyak! Kemungkinannya sangat banyak, dan kami rangkum jadi 2 saja…

  1. Mungkin website Anda memang benar-benar lemot tapi Anda masih bersikukuh mengatakan: “Website Saya Cepat Kok!”. Bisa servernya (VPS/Hosting), atau bisa Halamannya (PageSpeed), untuk jelasnya Anda bisa menghubungi kami, kami bantu jabarkan apa masalahnya.
  2. Serangan Cyber. Karena DoS Attack itu “legal”, dan kompetitor bisa saja melakukannya kepada website Anda. Serangan Cyber ini bisa membuat website Anda lemot, atau bahkan sampai down. Bayangkan jika Anda menggunakan uptime check setiap 5 menit sekali (atau mungkin nggak pakai uptime check?), namun serangan dos ini disetting misalnya setiap 4 menit sekali, alhasil website Anda akan DOWN dilihat dari sudut pandang google dan TETAP UP dilihat dari sudut pandang Anda.

Solusinya..

Praktisnya, hubungi kami saja, kami akan bantu. sedikit penjelasannya.. bahwa website bisa cepat loadingnya dengan Optimasi PageSpeed dan menggunakan DSA CDN serta Backend Server yang handal. Uptime dan Proteksi dari Serangan Cyber, Anda cukup menggunakan DSA CDN atau minimal Proxy Caching kami (lihat penjelasannya di cara mengatasi DDoS Attack dan Brute Force Attack) , itu akan sangat membantu.