Terbit pada 05-11-21

Kenapa Hosting di Hantamo MURAH?

Dedi Corbuzier dalam podcastnya menjuluki para viewer dengan sebutan: SMART PEOPLE. Semoga Anda yang membaca artikel ini juga termasuk dalam kategori smart people, yang setidaknya terbuka pikirannya untuk menelesik misteri dibalik murahnya harga hosting di Hantamo sampai berfikiran meremehkannya, padahal seharusnya MAHAL. kok?

Bukan Hosting Storage Unlimited Banyak Syarat

Harganya Kok Murah? jangan-jangan performanya buruk. Eitsss.. tunggu dulu, jangan-jangan harga hosting kalian sebelumnya yang murah. Coba dibandingkan, misalnya Anda punya web company profile atau landing page yang cuma butuh storage 300an MB, dan Anda pakai Hosting SSD Unlimited milik "Sebelah" seharga 2juta/tahun (misalnya), terkesan mevvah nggak tuh... hosting 2juta bro... SSD Unlimited tapi yang dipakai cuma 300mb, 2juta nya itu membeli "kuantitas" saja yang tidak dipakai, ya... kapasitas SSD itu masuknya kuantitas. Jika web 300mb an tersebut di host di Hosting Hantamo, maka pilih paketnya yang Hosting 500MB, seharga 200rb/tahun (10x Lebih Murah?).

Mari berhitung... dalam matematika jika kita mau mencari harganya hosting SSD Unlimited milik Hantamo (jika paket ini tersedia) dengan data:

Hosting 500MB di Hantamo = 200rb/tahun,

Hosting Unlimited di Hantamo = ...?

maka perhitungannya: Rp.200.000/tahun x Unlimited MB / 500 MB = hasilnya adalah Rp.Unlimited/tahun (harganya tak terhingga bro). Jika dibandingkan dengan sebelah yang seharga 2 juta (saja) pertahun, maka jelas kami sangat jauh tak terhingga lebih mahal. Jadi bukan murah lagi ya... hehe

Ilustrasi diatas itu semi bercanda, kami tidak bermaksud menyinggung paket hosting SSD unlimited. Sebetulnya tidak ada toko yang menjual Hardware SSD storage berkapasitas unlimited, jadi jika ada paket hosting SSD Unlimited, pastinya memiliki syarat ketentuan berlaku. Coba saja kalian upload 10ribu file video @1GB ke hosting SSD Unlimited yang Anda miliki, pasti hosting unlimited seketika berubah jadi "limited", dan akan bermasalah.hehe.

Adem Ayem Tanpa Promo atau Komisi Afiliasi 50% atau Lebih

Coba berfikir, apakah provider hosting mau rugi saat mengeluarkan promo: "Harga Coret - Diskon 70% ditahun pertama"?? Tentunya mereka masih untung dong meskipun harga asli sudah dipangkas 70%. Kalau sudah begitu, seharusnya Anda tahu "harga sebenarnya" dari Hosting Sebelah. Belum lagi soal Komisi Afiliasi, pastinya komisi juga diambil dari keuntungan menjual hosting. Nah... berarti "harga sebenarnya" dari hosting sebelah ini sebetulnya mungkin jauh-jauh lebih murah dari harga hosting di Hantamo ya... hmmm

Tidak Ada Aplikasi Semi-Nggak Penting

Tidak ada banyak fitur, cuma "Powerful Web Server" saja di kami. Aplikasi semacam email hosting, atau SMTP, bagi kami itu semi-semi tidak penting, karena urusan email hosting, kalau cuma sekedar punya email nama@domainku.com pakai saja yandex atau zoho, itu GRATIS dan pastinya lebih bagus fitur dan reputasinya sebagai email hosting dari pada email hosting bawaan penyedia web hosting. Kalau entepres-entepres-an.. pastinya GSUITE dong... (sekarang Google Workspace). Untuk SMTP, cari gratisan dengan mailgun atau sendgrid itu juga jauh lebih baik delivery nya... (nggak langganan masuk spam) atau yang punya AWS atau Alibaba itu Ok juga, asalkan nggak binggung duluan sama dasbor nya mereka. hehehe.

Tanpa Human Support 24/7 Termasuk Tengah Malam

Ya... Memang Seharusnya Nggak Butuh Support Kalau Nggak Pernah Error. hehe bercanda.

Karena tidak meng-gaji karyawan untuk selalu nge-ronda tiap malam menampung keluhan hosting error, jadinya kami bisa sedikit memangkas biaya operasional yang pada finalnya membuat harga hosting jadi sedikit lebih murah. Status Uptime dari server-server kami transparan bisa dilihat di halaman status uptime, dan kami juga memiliki halaman dokumentasi yang terus menerus kami lengkapi. Terus terang, dan dari status uptime juga terlihat angkanya, jadi 99% lebih kasus error di hosting kami itu adalah dari sisi pengguna, dalam hal ini pemilik web. Misalnya web WordPress update/install plugin lalu web error... berarti masalahnya di update-an plugin atau plugin barunya yang diinstall. Atau habis edit-edit wp-config, web error, berarti salahnya di file wp-config yang harus diperbaiki. Error-error semacam itu seharusnya bisa mandiri diperbaiki sendiri.. karena kembali lagi... jadilah "SMART PEOPLE" hehehe.

Berarti Aslinya Hosting Hantamo MAHAL Ya? Kenapa kok MAHAL?

Alasan pertama kenapa mahal, adalah karena kualitas. Ini masalah tega-tega-an aja sih... kalau kami modelnya nggak tega-an untuk meraup keuntungan banyak dengan mengorbankan kualitas layanan, dalam hal ini performa hosting. Hosting juga bukan satu-satunya bisnis kami, jadi kami slow aja.. yang penting pelanggan memiliki pengalaman yang memuaskan bersama kami. lebih detailnya lagi, sebenernya ini susah banget dijelaskan, maka sebaiknya dicoba saja

Alasan kedua, kami menganggap hosting (yang menyimpan data-data penting) itu benar-benar harus dijaga datanya, harus dapat diandalkan. Jadi kami melakukan banyak upaya salah satunya backup, of backup, of backup, of backup, dst... hehe. Kami melakukan backup setidaknya di 2 datacenter berbeda setiap hari, dan ini adalah "Biaya" bro..

Keunggulan Lain Kenapa Orang pakai Hosting Hantamo yang Mahal Ini

Karena Hosting kami 100% kompatible dengan Hantamo DSA CDN (CDN ini nih, yang jadi core bisnis kami di ranah server) dan juga sangat optimal jika dioptimasi PageSpeed-nya oleh tim kami. Jika kalian pernah mengalami bad gateway atau error sejenis saat anda pakai CDN, dan mencari solusi dari masalah itu, maka kata pak google salah satunya dengan: "Coba matikan CDN mu", ini artinya ada kemungkinan error koneksi antara CDN (frontend) dan Hosting (backend), dan ini sering terjadi karena CDN dan Hosting umumnya beda provider sehingga keduanya tidak saling memahami satu sama lain. ciee..

Akhir Kata..

Terang-Gelap, Baik-Buruk, Cantik-Belum Skincarean, dan tentunya Mahal-Murah itu relatif. Sebelum menghakimi suatu makhluk Allah karena kegelapannya, keburukannya, kemalasannya nggak skincarean, atau kemurahan harganya... sebaiknya kita cari tahu lebih dalam, berpemikiran terbuka, dan jadilah smart people, seperti kata om Dedi.

Wasalam..

close menu